Senin, 03 Desember 2012

100 Ribu Telepon Rumah Dipasangi Internet Gratis

TEMPO.CO, Surakarta – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom) Area Solo akan memasang Internet gratis untuk 100 ribu telepon rumah yang ada di eks-Karesidenan Surakarta. Manajer Area Telkom Solo, Raharjo, mengatakan program tersebut merupakan satu upaya untuk mengenalkan Internet kepada masyarakat.

“Pemasangan Internet gratis sudah kami mulai dua bulan lalu. Sudah ada 1.000 telepon rumah yang dipasang Internet gratis,” kata Raharjo kepada wartawan, Jumat, 27 Juli 2012. Sementara sisanya akan dipasang dalam 2-3 bulan ke depan.

Raharjo mengatakan tiap telepon rumah akan mendapat modem WiFi, yang bisa digunakan untuk mengakses Internet. Untuk mendapatkannya, pelanggan telepon rumah tidak perlu mengajukan permintaan. “Petugas kami yang akan mendatangi tiap rumah pelanggan untuk pemasangan modem,” ujarnya.

Setelah terpasang modem untuk akses Internet, pemilik telepon rumah dipersilakan mengakses Internet gratis selama sebulan dengan kecepatan 512 Kbps. Setelah satu bulan, jika ingin terus bisa mengakses Internet, harus membayar Rp 10 ribu per hari ((Mulai bulan Desember 2012, tarifnya turun menjadi Rp 5 ribu/ 24 jam, pen)). “Itu untuk pemakaian tanpa batas atau unlimited,” ujar dia.

Bisa juga mengajukan permohonan untuk berlangganan paket bulanan dengan harga Rp 99 ribu per bulan untuk kecepatan 384 Kbps dan Rp 125 ribu per bulan dengan kecepatan 512 Kbps. “Atau kalau memang tidak menginginkan layanan Internet, nanti alatnya kami ambil lagi,” katanya.

Raharjo menuturkan program di atas untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses Internet. Sebab dengan sering mengakses Internet, dia meyakini akan memperluas wawasan dan pengetahuan masyarakat. “Saat ini baru 20 persen masyarakat Indonesia yang melek Internet,” ucapnya.

 UKKY PRIMARTANTYO

 (sumber: tempo, edited)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar