Rabu, 30 Desember 2015

Tips Sukses Bisnis Online

Bisnis online adalah bisnis yang tengah popular belakangan bukan cuma di dunia, namun di Indonesia pun bisnis online tengah populer. Beberapa keuntungan bisnis online adalah Mudah, tidak perlu susah membangun toko, Murah, hanya bermodal kuota dan laptop/pc saja tidak harus mendirikan bangunan berupa toko, Fleksibel, Anda bisa menjalankan berbisnis online bahkan dirumah saja dan keuntungan lainnya, hal tersebut membuat banyak orang yang beralih dengan menjalankan bisnis online ini.

Tidak sedikit orang yang sudah sukses berbisnis online, bukan hanya orang dewasa namun juga anak kecil sekalipun bisa meraup kesuksesan dari bisnis online. Bagaimana mereka berhasil sukses dengan bisnis online ? Yuk simak Tips Sukses Bisnis Online dalam Artikel berikut ini :

1. Tentukan Target Pasar


Anda perlu menentukan target pasar yang tepat dan mendeskripsikannya sedetail mungkin. Misalnya Anda akan menjual hijab, Anda dapat mendeskripsikannya target Anda dengan: perempuan usia 18-28 tahun, mahasiswa/fresh graduates/karyawan/pebisnis, tinggal di kota besar, mengikuti tren mode, pengeluaran 1-3 juta/bulan, memiliki smartphone, aktif di media sosial seperti Facebook, Twitter, serta Instagram, dan lain sebagainya. Deskripsi ini nantinya akan mempermudah Anda untuk menentukan produk, kemasan, lokasi, jalur distribusi, hingga promosi.

Uraian ini juga nantinya akan mempermudah Anda untuk melakukan riset. Yang perlu Anda cari tahu mengenai pasar Anda antara lain produk/jasa apa yang mereka butuhkan, layanan atau service seperti apa yang mereka inginkan, media apa yang paling sering mereka akses, hingga bentuk-bentuk promosi seperti apa yang membuat mereka tertarik membeli.

2. Buatlah Toko Online


Saat ini, membuka toko online sangat mudah sekali. Bukan hanya cepat, dan bisa langsung digunakan saat Anda selesai mendaftar, Anda juga bisa memulainya secara gratis, seperti di YukBisnis. Ketika Anda berbisnis online memiliki toko online sangatlah diperlukan, agar bisnis yang Anda jalankan laris. Bandingkan bila Anda membuat toko, butuh biaya yang tidak murah dan lagi tidak mudah, sementara bila Anda berbisnis online Anda dapat membuat toko online dengan mudah dan murah.

3. Buatlah Copywriting yang menarik


Copywriting  merupakan tulang punggung nya bisnis online, Karena Dalam dunia online, dimana Anda tidak dapat bertemu langsung dengan konsumen Anda, Copywriting adalah cara Anda berkomunikasi dengan konsumen Anda. Maka, tugas Anda adalah menyusun sebuah penawaran yang menarik bagi konsumen Anda, supaya mendatangkan closing…

“Copywriting yang bagus adalah yang menghasilkan penjualan”
– Dewa Eka Prayoga –

Mau cara membuat copywriting dengan metode canvas GRATIS ? klik `DISINI

4. Buat foto produk yang menggoda


Manusia pada dasarnya adalah makhluk yang lebih menyukai visual, sehingga bila Anda ingin menjual via online foto produk sangatlah penting. Bila dalam transaksi offline, Anda harus memajang barang yang Anda jual dengan rapi dan indah, sementara jika transaksi online foto adalah hal penting untuk menarik perhatian pembeli Anda. Perlu Anda Ketahui juga bahwa 80 % Konsumen dapat dirangsang perhatiannya dari daya tarik visual. Maka dari itu buatlah foto produk yang menggoda supaya konsumen menjadi tertarik untuk membeli produk yang Anda jual.

5. Gunakan SEO


Sejak Google diluncurkan 4 September 1998. Search Engine Optimation atau SEO mulai berkembang sebagai teknik yang dibutuhkan untuk mendatangkan pengunjung dari internet menuju website.

SEO bertujuan membuat website berada di halaman pertama mesin pencari, sesuai dengan keyword yang relevan dengan isi konten website tersebut. Dalam bisnis online pun, Search Engine Optimization atau SEO adalah elemen penting yang berperan besar dalam menentukan kesuksesan pemasaran di dunia maya. Itulah mengapa, kebutuhan akan SEO meningkat pesat di Indonesia. Maka dari itu jika Anda ingin toko onlinenya banjir orderan, maka Anda harus bisa menggunakan SEO .

Mau Video Tutorial SEO untuk toko Online GRATIS ? klik DISINI !

6. Gunakan Media Sosial Untuk Berpromosi


Media sosial sangat penting untuk bisnis Anda, bukan karena hal tersebut merupakan trend atau populer. Media sosial akan membantu menjadi daya ungkit dalam bisnis Anda karena jangkauannya yang tidak terbatas dalam kawasan regional saja, tapi terhubung dengan seluruh dunia. Apalagi dengan metode SEO, bisnis Anda akan semakin mudah terlacak oleh orang-orang dimana pun juga.

Alasan kenapa Anda tidak boleh mengabaikan media sosial untuk bisnis Anda yang ditulis oleh Brad Smith, seorang konsultan dan founder dari FixCourse.

Alasan Pertama: Wor(l)d of Mouth

Dengan koneksi yang luas dan saling terhubung satu sama lain, berita yang ada di internet dengan sangat cepat menyebar. Dan itu terjadi tanpa bisa Anda kendalikan. Anda tidak bisa lagi mengandalkan hal-hal lama, yang memakai cara ‘tradisional’.

Alasan Kedua: Kunci untuk Meningkatkan Nilai Konversi

Melakukan bisnis secara online sedikit berbeda dengan bisnis offline pada umumnya. Anda tidak dapat memastikan siapa saja yang berhubungan dengan Anda, membuat kesepakatan, bahkan dengan para pembeli Anda.

Sehingga, hal seperti ini telah menciptakan jurang kepercayaan antara Anda dengan pelanggan Anda. Padahal, Anda membutuhkan kepercayaan tersebut untuk menjaring pelanggan-pelanggan lainnya dan meningkatkan nilai konversi Anda. Satu-satunya cara yang ada adalah menjalin hubungan baik dengan mereka.

Tapi Anda tidak bisa diam dan berharap semua itu terjadi begitu saja. Anda harus melakukannya sendiri. Di sinilah media sosial berperan besar dalam usaha Anda untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan.

Alasan Ketiga: Sebagai Bensin Strategi Marketing Anda

Strategi promosi terbaik adalah kampanye kombinasi dari yang dimiliki, diperoleh, dan dibayar oleh media.

Untuk jualan/ bisnis online, ketiga komponen tersebut tercampur bersama. Anda bahkan bisa mendapatkan hasil yang lebih baik tanpa harus membayar biaya lebih mahal. Namun, Anda tetap saja tidak bisa menggunakan strategi yang itu-itu saja.

7. Fokus Menjual 1 Produk


Menjual banyak produk bersamaan membuat otak tidak fokus. Masalah yang akan timbul:

  1. Mana yang mau ditonjolkan?
  2. knowledge mana yang akan dipelajari lebih dalam?
  3. Target pasar mana yang akan dibidik?
  4. Apakah target pasarnya sama?
  5. Apa nama toko yang akan Anda gunakan? PaLuGaDa atau Doraemon?
  6. Berapa banyak tim yang Anda perlukan untuk mengurusi penjualan multi produk?

Fokus 1 produk sampai berhasil..! Hal ini adalah pilihan terbaik, kecuali dalam 1 kondisi: terlalu banyak pesaing dan sensitive terhadap harga. Mindset fokus terhadap 1 produk, membuat Anda melakukan upaya serius untuk mempelajari seluk beluk produk tersebut.

“Semua produk bagus, asalkan ditekuni dengan serius. Menjual kacang saja bisa jadi miliarder..”
-Jaya Setiabudi-

8. Action


Semua akan menjadi sia – sia bila Anda tidak Action, bila 7 point diatas Anda sudah siap, namun bila Anda tidak Action itu sama saja dengan omong kosong, maka dari itu setelah Anda membaca artikel ini, Anda mampu memanfaatkannya.. Semoga berhasil F!GHT !

(sumber: yukbidnis.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar