Deputi VP Sekretaris Telkomsel, Aulia E Marinto menyatakan, penipuan sms sudah masuk dalam ranah hukum dan sepenuhnya bukan kesalahan operator. Meskipun demikian, menurutnya Telkomsel menyediakan layanan pengaduan bagi pelanggan yang merasa tertipu. “Mereka bisa melaporkannya melalui SMS yang dikirim ke 1166,” katanya.
Laporan yang diterima dari layanan tersebut akan direkapitulasi sebagai data yang akan membantu pihak kepolisian untuk menindaklanjuti kasus penipuan tersebut. “Ini untuk meminimalisasi penipuan. Kalau pelanggan tidak melapor, kami dan pihak kepolisian tidak akan tahu kalau ada kasus penipuan,” ujarnya.
Apabila kejadian tersebut terbukti disebabkan oleh kesalahan content provider, Telmkomsel akan melakukan retritusi atau pengembalian pulsa. “Sekali lagi, kami tidak akan tahu bila tidak ada pengaduan,” katanya.
Hal yang sama juga diungkapkan oleh Head of Corporate Communication XL, Febriati Nadira. Menurutnya, XL selalu menerapkan prinsip perlindungan konsumen. XL lanjutnya memasang fasilitas SMS Gateway untuk memastikan layanan konten yang diberikan dikirim atas persetujuan pelanggan. “Jadi selama pengguna tidak mendaftar layanan konten, maka mereka tidak akan dikirimi SMS oleh XL," jelasnya.
XL pun menurutnya, memastikan pelanggan mengetahui cara berhenti berlanggan dari sebuah layanan yang disediakan.
Pihak XL juga menyediakan saluran pengaduan untuk pelanggan mereka melalui SMS yang dikirim ke 588. Pelanggan yang merasa tertipu dapat melaporkan lewat SMS ini dengan format laporan, 'LAPOR#Nomor yang digunakan untuk penipuaan#Kasus yang dikeluhkan. “Nantinya laporan mereka akan diteruskan ke pihak yang berwajib,” ujarnya.
Nadira menyatakan, peran aktif masyarakat untuk melaporkan kasus-kasus tersebut sangat penting.
Berikut Rangkuman Cara Pengaduan ke BRTI, Telkomsel, Indosat dan XL.
Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI)
Laporan yang diterima dari layanan tersebut akan direkapitulasi sebagai data yang akan membantu pihak kepolisian untuk menindaklanjuti kasus penipuan tersebut. “Ini untuk meminimalisasi penipuan. Kalau pelanggan tidak melapor, kami dan pihak kepolisian tidak akan tahu kalau ada kasus penipuan,” ujarnya.
Apabila kejadian tersebut terbukti disebabkan oleh kesalahan content provider, Telmkomsel akan melakukan retritusi atau pengembalian pulsa. “Sekali lagi, kami tidak akan tahu bila tidak ada pengaduan,” katanya.
Hal yang sama juga diungkapkan oleh Head of Corporate Communication XL, Febriati Nadira. Menurutnya, XL selalu menerapkan prinsip perlindungan konsumen. XL lanjutnya memasang fasilitas SMS Gateway untuk memastikan layanan konten yang diberikan dikirim atas persetujuan pelanggan. “Jadi selama pengguna tidak mendaftar layanan konten, maka mereka tidak akan dikirimi SMS oleh XL," jelasnya.
XL pun menurutnya, memastikan pelanggan mengetahui cara berhenti berlanggan dari sebuah layanan yang disediakan.
Pihak XL juga menyediakan saluran pengaduan untuk pelanggan mereka melalui SMS yang dikirim ke 588. Pelanggan yang merasa tertipu dapat melaporkan lewat SMS ini dengan format laporan, 'LAPOR#Nomor yang digunakan untuk penipuaan#Kasus yang dikeluhkan. “Nantinya laporan mereka akan diteruskan ke pihak yang berwajib,” ujarnya.
Nadira menyatakan, peran aktif masyarakat untuk melaporkan kasus-kasus tersebut sangat penting.
Berikut Rangkuman Cara Pengaduan ke BRTI, Telkomsel, Indosat dan XL.
Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI)
Call Center:
159
Website:
www.brti.or.id
TELKOMSEL (kartu HALO, Simpati, AS)
Kantor Layanan:
GraPARI Telkomsel terdekat.
Call Center Telkomsel
Halo : 111
Simpati ԁаn AS : 116
Sedangkan υntυk call center lokal silahkan hubungi
Customer Care On-Line Wilayah Lokal:
Medan (061 – 457 8811)
Jakarta (021 – 5291 9811)
Bandung (022 – 415 0811)
Surabaya (031 – 8403811)
Atаυ nomor akses nasional 0807 1 811 811 ԁаrі seluruh Indonesia
Website
www.telkomsel.com
Email
cs@telkomsel.co.id
Cek Pulsa (Halo, Simpati AS)
Cek pulsa ԁаn Pemakian berjalan : *888#
*υntυk Halo harus ketik HC ON ke 333
Cek Pemakaian Terakhir : *887#
Cek bonus : *889#
Call Center Telkomsel
Halo : 111
Simpati ԁаn AS : 116
Sedangkan υntυk call center lokal silahkan hubungi
Customer Care On-Line Wilayah Lokal:
Medan (061 – 457 8811)
Jakarta (021 – 5291 9811)
Bandung (022 – 415 0811)
Surabaya (031 – 8403811)
Atаυ nomor akses nasional 0807 1 811 811 ԁаrі seluruh Indonesia
Website
www.telkomsel.com
cs@telkomsel.co.id
Cek Pulsa (Halo, Simpati AS)
Cek pulsa ԁаn Pemakian berjalan : *888#
*υntυk Halo harus ketik HC ON ke 333
Cek Pemakaian Terakhir : *887#
Cek bonus : *889#
SMS
Pengaduan: 1166
Pengaduan: 1166
INDOSAT (Mentari, IM3, Matrix, StarOne)
Kantor Layanan
Galeri Indosat, Griya Indosat terdekat
Call Center Indosat
Via PSTN 021 5438 8888, 021 3000 3000, 021 3011 1111
Via Matrix & StarOne Dial 111 (Free)
Via Mentari Dial 222 (Free), Dial 100 (Rp.400,-/call)
Via IM3 Dial 300 (Free), Dial 100 (Rp. 400,-/call)
Fax 021 5449501-06
Cek Pulsa
Mentari : *555#
IM3 : *388#
Star One : *555#
Website
www.indosat.com
im3 : www.indosat.com/im3
matrix : www.indosat.com/matrix
mentari : www.indosat.com/mentari
starone : www.mystarone.com
Email
im3 : icare@indosat.com
matrix ԁаn mentari : customer_service@indosat.com
starone : support@mystarone.com
XL
Via PSTN 021 5438 8888, 021 3000 3000, 021 3011 1111
Via Matrix & StarOne Dial 111 (Free)
Via Mentari Dial 222 (Free), Dial 100 (Rp.400,-/call)
Via IM3 Dial 300 (Free), Dial 100 (Rp. 400,-/call)
Fax 021 5449501-06
Cek Pulsa
Mentari : *555#
IM3 : *388#
Star One : *555#
Website
www.indosat.com
im3 : www.indosat.com/im3
matrix : www.indosat.com/matrix
mentari : www.indosat.com/mentari
starone : www.mystarone.com
im3 : icare@indosat.com
matrix ԁаn mentari : customer_service@indosat.com
starone : support@mystarone.com
XL
Kantor Layanan:
XL Center terdekat
Call Center XL
Prabayar:: 817 (350/call)
Pascabayar : 817 (free)
Website
www.xl.co.id
Email
customerservice@xl.co.id
Cek Pulsa
Prabayar : *123#
Pascabayar : *108# (cek limit)
Call Center XL
Prabayar:: 817 (350/call)
Pascabayar : 817 (free)
Website
www.xl.co.id
customerservice@xl.co.id
Cek Pulsa
Prabayar : *123#
Pascabayar : *108# (cek limit)
SMS:
Pengaduan: 588. dengan format 'LAPOR#Nomor yang digunakan untuk penipuaan#Kasus yang dikeluhkan.
Contoh: LAPOR#081806666XXX#Selamat Anda telah memenangkan Rp15 Juta Tunai. Mohon hubungi Bp. Ir. Ester Rohani 0818181XXX. Pengirim: 818
Tidak ada komentar:
Posting Komentar